Penyusunan Rencana Bisnis UKM

Penyusunan Rencana Bisnis UKM

Kegiatan fasilitasi pengembangan business plan usaha kecil istri pengemudi taksi ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dari program CSR Blue Bird Group untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan usaha istri pengemudi dalam mengelola usaha kecil yang inovatif dan kreatif.

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan serta kepedulian Blue Bird terhadap peningkatan pendapatan keluarga pengemudi taksi Pelatihan diikuti oleh 10 orang lulusan terbaik dari pelatihan menjahit dan kuliner yang sudah diselenggarakan lebih dulu oleh Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Perusahaan Blue Bird Group

Metodologi yang digunakan adalah pemaparan yang kemudian diikuti dengan simulasi oleh peserta unit usaha menjahit dan unit usaha kuliner, dengan tujuan spesifik:

  • Perusahaan Blue Bird Group memiliki pemahaman mengenai karakteristik model Yayasan, Koperasi dan UKM (Unit Usaha Kecil Menengah) dan menetapkan pilihan model yang paling sesuai dengan Perusahaan Blue Bird Group.
  • Istri pengemudi taksi Blue Bird, memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana mengelola unit usaha kecil mereka yang didukung oleh perusahaan Blue Bird Group.
  • Mampu mengembangkan strategi dalam menjalankan unit usaha kecil mereka agar menjadi lebih inovatif dan

Kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dimulai pada tanggal 16 April 2014, sesi kedua pada tanggal 27 April 2014 dan sesi ketiga pada tanggal 27 Mei 2014.

Fasilitasi Sesi Pertama

Sesi pertama kegiatan fasilitasi dimulai dengan paparan mengenai apakah yayasan itu? bagaimana mekanisme pengelolaannya, bagaimana struktur dasar yayasan, bentuk strategi kemandirian dan keberlanjutan yayasan. Kemudian dilanjutkan paparan apa itu UKM, jenis UKM, dan paparan apa itu koperasi dan bagaimana mekanisme pengelolaannya.

Fasilitasi Sesi Kedua

Sesi kedua dimulai dengan paparan mengenai perencanaan bisnis UKM yang mandiri dan berkelanjutan, kemudian dari tiap-tiap unit usaha melakukan simulasi penyusunan yang bertujuan untuk mengidentifikasi unit usaha apa yang akan mereka bentuk serta strategi apa yang akan mereka lakukan agar unit usaha mereka dapat berjalan dan mandiri. Sesi kedua ini juga disertai dengan pendampingan intensif dalam penyusunan rencana bisnis dan presentasi dari tia unit usaha.

Fasilitasi Sesi Ketiga

Sesi ketiga ini adalah paparan serta simulasi bagaimana mengelola arus kas dari tiap unit usaha. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan serta memprediksikan jumlah keuntungan tiap tahun yang didapat dari tiap unit usaha.